Rabu, 14 November 2018

INDUKTOR atau REAKTOR

Induktor
adalah sebuah komponen elektronika pasif (kebanyakan berbentuk torus) yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya.

Biasanya sebuah induktor adalah sebuah kawat penghantar yang dibentuk menjadi kumparan, lilitan membantu membuat medan magnet yang kuat di dalam kumparan dikarenakan hukum induksi Faraday.

Jenis Jenis Induktor


simbol-komponen-induktor
1. Iron Core Inductor
Seperti namanya, Iron Core Inductor adalah jenis induktor yang memiliki inti dengan bahan besi. Besarnya inti besi yang digunakan pada sebuah induktor sangat bermacam-macam tergantung kebutuhan.

2. Air Core Inductor

Dilihat dari namanya pasti anda sudah tahu bahwa Air Core Inductor adalah jenis induktor yang menggunakan inti dengan bahan udara. Induktor jenis ini bisa disebut juga induktor tanpa inti.

3. Ferrite Core Inductor

Ferrite Core Inductor adalah jenis induktor yang menggunakan inti berbahan ferit. Induktor yang satu ini banyak dijumpai di rangkaian-rangkaian elektronika yang cukup rumit.

4. Torroidal Core Inductor

Torroidal Core Inductor adalah jenis induktor yang memiliki bentuk melingkar atau O menyerupai bentuk cincin atau bentik donat. Induktor jenis ini biasanya ada pada rangkaian televisi.

5. Laminated Core Induction

Laminated Core Induction merupakan jenis induktor dengan inti yang terdiri dari beberapa jenis logam. Beberapa jenis logam tersebut disambung secara paralel dengan sekat berbahan isolator.

6. Variable Inductor

Variable Inductor adalah jenis induktor yang besar kecilnya nilai induktansi dapat diatur sesuai dengan keinginan. Biasanya induktor yang satu ini menggunakan bahan ferit.

FUNGSI :
  • Menyimpan arus listrik dalam medan magnet
  • Penapis atau filter frekuensi
  • Menahan arus bolak-balik (AC)
  • Meneruskan arus searah (DC)
  • Pembangkit getaran
  • Melipatgandakan tegangan

http://elkatechno.blogspot.com/2016/12/pengertian-jenis-aplikasi-dan-fungsi_27.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Induktor

0 komentar:

Posting Komentar